Pilih Bahasa  
Book's Detail
Penerapan Model Pembelajaran Arias Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Materi Menghargai Dan Menaati Keputusan Bersama Siswa Kelas V-A SDN 12 Poasia

ABSTRAK

Waode elfiani (2017) “Meningkatkan hasil belajar PKn materi Menghargai Dan Menaati Keputusan Bersama melalui penerapan Model Pembelajaran ARIAS pada siswa Kelas V-a SD Negeri 12 Poasia Kota Kendari.’’ Skripsi. Program sarjana (S1) PGSD Pada Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing: (1) Lisnawati Rusmin, S.Pd,M.Sc dan (2) Dra.Hj. Sakka Hasan,M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah betulkah kalau kita terapkan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada Materi Menghargai Dan Menaati Keputusan Bersama Siswa Kelas V-a SD Negeri 12 Poasia”.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap, tahun pelajaran 2016/2017 di kelas V-a SD Negeri 12 Poasia. Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas V-a SD Negeri 12 Poasia yang berjumlah 23 siswa, terdiri dari 13 orang laki-laki, 10 orang perempuan. Prosedur penelitian mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yaitu: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan evaluasi dan (d) refleksi.
Penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan model pembelajaran ARIAS pada mata pelajaran PKn siswa kelas V-a SD Negeri 12 Poasia dapat meningkatkan kualitas proses maupun hasil belajar siswa. Siswa aktif mengerjakan tugas-tugas melalui LKS dengan baik, keterampilan bertanya siswa meningkat disertai kemampuan menjawab pertanyaan, baik dari guru maupun siswa. hal ini berarti model pembelajaran ARIAS dapat membentuk mental siswa untuk berani mengemukakan ide/gagasan disertai rasa saling menghargai pendapat siswa lainya sebagai peserta belajar. (2) pelaksanaan model pembelajaran ARIAS dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi Menghargai dan Menaati keputusan bersama pada siswa kelas V-a SD Negeri 12 poasia. Hasil tes siklus 1 yaitu dari 60,86 %) yang mencapai ketuntasan belajar, indicator ketuntasan belajar yang ditargetkan pada siklus I belum tercapai namun pada siklus II meningkat menjadi 86,95 % yang memperoleh skor minimal 70. Artinya peningkatan prestasi dari siklus I ke siklus II sebesar 26,9% sehingga ketuntasan belajar PKn siswa dapat tercapai.
Kata kunci: Model Pembelajaran ARIAS, Hasil Belajar PKn, Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Waode Elfiani - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Guru Sekolah Dasar
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PGSD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,61 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...