ABSTRAK
Arlita, G2G1 15 112. “Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri 09 Mandonga Melalui Model Kooperatif Think-Pair-Share (TPS) dengan Media Pembelajaran Audiovisual Pada”. Pembimbing I : Muh. Yusuf Pembimbing II : Hj. Darnawati.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dan media pembelajaran audiovisual agar dapat meningkatkan dan memudahkan guru dalam mengajar PKn, 2). Menganalisis proses keaktivan siswa menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan media audiovisual, 3). Menganalisis hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan media audiovisual di Kelas V SD Negeri 09 Mandonga.
Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan dua siklus serta menggunakan model pembelajaran kooperatif Think-Paire-Share (TPS) dengan media pembelajaran Audiovisual. Faktor yang diteliti yaitu aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa, serta hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukan : 1). Hasil Keterampilan mengajar guru siklus I pertemuan 1dengan persentase ketuntasan 62,5% dan pertemuan ke 2persentase ketuntasan sebesar 71,87%. Pada siklus II pertemuan 1persentase ketuntasan 84,37% sedangkan pertemuan ke 2persentase ketuntasan sebesar 93,75%. 2). aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 persentase ketuntasan sebesar 59,47%, Dan pada pertemuan ke 2persentase ketuntasan sebesar 67,57%. Pada siklus II pertemuan 1persentase ketuntasan sebesar 77,83% sedangkan pertemuan ke 2persentase ketuntasanya sebesar 85,54%. 3). Hasilbelajar siswa, siklus I mengalami peningkatan dari pertemuan ke 1 sebesar 46,87% menjadi 56,25% pada pertemuan ke 2. Demikian juga pada siklus 2 pada pertemuan ke 1 sebesar 71,83% menjadi 90,62% pada pertemuan ke 2.
Kesimpulan hasil penelitian ini dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dan media pembelajaran audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada kelas V semester II SD Negeri 09 Mandonga.
Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, Think-Paire-Share (TPS), Audiovisual
|