Pilih Bahasa  
Book's Detail
Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas XI Perhotelan SMK Negeri 3 Raha Melalui Strategi Pembelajaran Pakem Pada Materi Hubungan Internasional

ABSTRAK
Wa Eti (A1A3 14 031) ‘’ Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas XI Perhotelan SMK Negeri 3 Raha Melalui Strategi pembelajaran PAKEM Pada Materi Hubungan Internasional.’’ Dibimbing oleh Drs. Hamuni, M.Si Selaku pembimbing I dan Dra. Hj. Wa Ode Hijrah, M.pd Selaku pembimbing II.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Perhotelan SMK Negeri 3 Raha pada hubungan internasional? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI Perhotelan di SMK Negeri 3 Raha melalui penerapan Strategi pembelajaran PAKEM.
Penelitian ini dilaksanakan dikelas XI Perhotelan SMK Negeri 3 Raha, penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Subyek penelitian ini adalah guru PKn 1 orang, dan seluruh siswa kelas XI Perhotelan SMK Negeri 3 Raha berjumlah 25 orang yang terdiri 12 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif.. data kualitatif berupa hasil observasi kegiatan guru dan siswa dalam pembelajaran, sedangkan kualitatif adalah tes hasil belajar siswa pada setiap siklus.
Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan Pada hasil belajar siswa, aktivitas guru, maupun aktivitas belajar siswa. Dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif, kreaktif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) membawa dampak positif pada hasil belajar siswa, dimana pada siklus I persentase kentitasan klasikal 32% atau 8 orang siswa dari 25 orang siswa meningkat pada siklus II menjadi 88% atau 22 orang siswa dari 25 siswa dengan peningkatan persentase dari siklus I sampai dengan siklus II sebesar 40%. Aktivitas mengajar guru juga meningkat dimana persentase pelaksanaan aktivitas mengajar guru pada siklus I sebesar 55% meningkat menjadi 90% pada siklus II dengan persentase peningkatan 35%. Aktivitas belajar siswa juga meningkat pada siklus I 34% dan siklus II 78% dengan peningkatan pesentase sebesar 44%.
Kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar siswa, aktivitas megajar guru, dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas XI Perhotelan SMK Negeri 3 Raha dapat ditingkatkan melalui strategi pemeblajaran aktif, kreaktif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM).
Kata Kunci: Hasil belajar siswa, aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa, strategi pembelajaran PAKEM

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Wa Eti - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Kewarganegaraan
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Kewarganegaraan
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xii,76 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...