ABSTRAK
Rehuellah Zipora Juhlasli. (A1C1 14 047), “Pengaruh Penerapan Model Integratif terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Konawe Selatan.”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Konawe Selatan yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Integratif, (2) deskripsi pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Konawe Selatan yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran langsung, (3) pengaruh penerapan model Integratif terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Konawe Selatan, (4) pengaruh penerapan model pembelajaran langsung terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Konawe Selatan, (5) perbedaan pengaruh antara penerapan model Integratif dan model pembelajaran langsung terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Konawe Selatan. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Konawe Selatan tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 11 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VIIIC sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model pembelajaran Integratif dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol yang diterapkan metode pembelajaran langsung. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes pemahaman konsep matematis berbentuk soal uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan berikut. (1) Rerata nilai pretest dan posttest yang diperoleh kelas eksperimen secara berturut-turut adalah 33,04 dan 59,46, (2) Rerata nilai pretest dan posttest yang diperoleh kelas kontrol secara berturut-turut adalah 37,24 dan 58,33, (3) Ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model Integratif terhadap pemahaman konsep matematis siswa, (4) Ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran langsung terhadap pemahaman konsep matematis siswa dan (5) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara pengaruh penerapan model Integratif dan model pembelajaran langsung terhadap pemahaman konsep matematis siswa.
Kata kunci: model Integratif, model pembelajaran langsung, dan pemahaman konsep matematis siswa
|