ABSTRAK
Ryan Rizky Prasetyo (G2G1 16 157), Pemanfaatan Sejarah Lokal Sebagai Sumber Belajar Siswa Di SMA 2 Negeri Kendari,Tesis Program Pascasarjana Jurusan Pendidikan IPS, Konsentrasi Pendidikan Sejarah, Universitas Halu Oleo Kendari, dibimbing oleh La Ode Ali Basri dan Syahrun.
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan mengidensifikasi sejarah lokal yang berpotensi menjadi sumber pembelajaran di Kota Kendari. (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan alasan sumber sejarah lokal di Kota Kendari belum di manfaatkan sebagai sumber pembelajaran sejarah pada ekolah Menengah Atas di Kota Kendari. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis tanggapan siswa terhadap pemanfaatan sejarah lokal dalam pembelajaran di SMA Negeri 2 Kendari.
Metode penelitian: Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). penelitian ini merupakan penelitian pengembangan merupakan metode untuk menghasilkan produk tertentu atau menyempurnakan produk yang telah ada serta menguji keefektifan produk tersebut.
Hasil penelitian menunjukan judul untuk dijadikan sebagai bahan ajar di sekolah yaitu “Sejarah Lokal Daerah Kota Kendari Dari Zaman Kerajaan (Hingga Pendudukan Jepang)”. Dimana dalam judul ini akan di bahas sejarah Kota Kendari, Sejarah pahlawan-pahlawan Kota Kendari, sejarah budaya Kota Kendari, dan potensi wilayah Kota Kendari dan sejarah bangsa Jepang di Kota Kendari. Jadi inti terbesarnya dalam permasalahan yang dihadapi dalam mengembangkan materi sejarah lokal dalam kurikulm pendidikan sejarah adalah ketersediaan sumber dan masih kurangnya dukungan pemerintah. Pendidikan sejarah sebagaimana pendidikan lainnya, tidak mungkin dapat dilakukan dengan baik apabila sumber tidak tersedia. Dapat di pahami bahwa sudah sepantasnya pentingnya siswa harus mengetahui sejarah lokal daerah Kota Kendari agar lebih memahami sebenarnya apa yang terjadi di masa lampau yang ada di Kota Kendari. Sudah seharusnya ada buku yang mejelaskaan tentang sejarah lokal daerah Kota Kendari untuk menjadi peganggan guru-guru seluruh SMA Se-Kota Kendari untuk di ajarkan kepada siswa-siswa agar siswa SMA Se-Kota Kendari dapat memahami/mengetahui sejarah lokal daerah Kota
Kendari.
Kesimpulan yang dapat diperoleh bahwa sudah sepantasnya ada buku yang menulis tentang sejarah lokal daerah Kota Kendari untuk menjadi pegangan guruguru SMA di Kota Kendari untuk dapat di ajarkan ke siswa Kota Kendari agar siswa dapat mengetahui cerita sejarah lokal daerah Kota Kendari pada masa lampau. Agar sejarah lokal daerah Kota Kendari dapat selalu diingat oleh siswa Kota Kendari dan dapat melestarikannya.
Kata Kunci : Sejarah, Sejarah Lokal, Sumber Belajar, Sumber Sejarah, Siswa.
|