ABSTRAK
Lucky Fieking (B1B1 14 174).Strategi Pemasaran Ikan Studi Kasus Pada PT. Arta Mina Jaya Kabupaten Wakatobi. Hasil Penelitian Jurusan Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonimi Dan Bisnis Program S1 Reguler Universitas Halu Oleo Kendari, Pembimbing (I) Ibnu Hajar, dan Pembimbing (II) Eliyanti A. Mokodompit.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal dalam strategi pemasaran ikan perusahaan PT. Arta Mina Jaya dan menganalisis prioritas strategi yang diterapkan dalam pemasaran ikan perusahaan PT. Arta Mina Jaya. Data yang dikumpulkan primer dan data skunder dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan angket.
Metode yang digunakan dalam penulisan hasil ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan konsep yang digunakan yaitu pendekatan konsep manajemen strategi, strategi pemasaran dan analisis SWOT. Alat yang digunakan analisis penelitian ini untuk merumuskan strategi pemasaran adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks SWOT, dan diagram analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan alternatif strategi tepat untuk digunakan oleh perusahaan PT. Arta Mina Jaya yaitu menggunakan strategi agresif untuk memanfaatkan kondisi kekuatan internalnya (Internal Strenght) untuk mengambil kekuatan dari peluang lingkungan eksternal (Eksternal Opportunities) dan dapat menanggulangi kelemahan internal (Internal Weakness) serta menghindari ancaman eksternal (Eksternal Threats).
Kata Kunci: Strategi Pemasaran dan Analisis SWOT
|