ABSTRAK
Titi Trisnawati (A1A1 13 111) “Metode Penentuan Harga Jual Produk Pada Usaha Mulyo A.A.S Desa Cialam Jaya Kabupaten Konawe Selatan” di bawah bimbingan Ibu Dr.Nanik Hindaryatiningsih,SE.,M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Dra. Murniati, M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode penentuan harga jual produk pada Usaha Mulyo A.A.S Desa Cialam Jaya Kabupaten Konawe Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu (1) Mark-Up (2) Cost-Plus Pricing (3) Target Prifit Priucing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Usaha Mulyo A.A.S selama tahun 2014 s/d 2016 menetapkan harga jualnya menggunakan metode Cost Plus Pricing dengan mengharapkan laba sebesar 40%. Dimana pada tahun 2014 harga jual per unit keripik metode perusahaan Rp 4.000, dengan metode cost plus pricing Rp 4.000, sedangkan dengan metode mark up pricing Rp 4.800, dan metode target profit pricing Rp 4.739. Pada tahun 2015 harga jual per unit keripik metode perusahaan Rp 4.000, dengan metode cost plus pricing Rp 4.000, sedangkan dengan metode mark up pricing Rp 4.770, dan metode target profit pricing Rp 4.081. Pada tahun 2016 harga jual per unit keripik metode perusahaan Rp 4.000, dengan metode cost plus pricing Rp 4.000, sedangkan dengan metode mark up pricing Rp 4.783, dan metode target profit pricing 4.107. Berdasarkan penelitian ini juga diketahui bahwa pencapaian laba Usaha Mulyo A.A.S mengalami fluktuasi hal ini disebabkan biaya produksi serta volume penjualan yang juga berfluktuasi.
Kata Kunci: Harga Jual, Biaya, Cost Plus Pricing
|