ABSTRAK
Rahmawati (2019). “Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui teknik kolase dari bahan rautan pensil di kelompok B TK Wulele Sanggula II Kendari”. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers Halu Oleo. Pembimbing pertama Bapak Bambang Sugianto dan pembimbing kedua Ibu Arvyaty.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakan teknik kolase dari bahan rautan pensil dapat meningkatkan kemampuan motorik halus di Kelompok B TK Wulele Sanggula II ?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui teknik kolase dari bahan rautan pensil di kelompok B TK Wulele Sanggula II Kendari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak di Kelompok B TK Wulele Sanggula II Kendari yang berjumblah 18 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 10 anak perempuan dengan rentan usia 5-6 tahun.
Berdasarkan analisis data hasil belajar anak didik tetang meningkatkan kemampuan motorik halus melalui teknik kolase dari bahan rautan pensil pada observasi awal ada 2 orang anak didik yang mendapatkan bintang (****) atau berkembang sangat baik dan 5 orang anak mendapatkan nilai bintang (***) atau berkembang sesuai harapan dengan perolehan nilai secara klasikal 38,89% sedangkan 11 anak lain mendapatkan bintang (**) atau mulai berkembang dan 3 anak mendapat bintang (*) atau belum berkembang dengan perolehan nilai secara klasikal 61,11%. Setelah siklus I dilaksanakan, nilai anak mengalami peningkatan yaitu anak yang mendapatkan bintang (****) berkembang sangat baik dan bintang (***) berkembang sesuai harapan sebanyak 10 orang anak didik dengan perolehan nilai secara klasikal sebesar 55,56% dan yang mendapatkan bintang (**) atau mulai berkembang dan bintang (*) belum berkembang sebanyak 8 orang anak didik atau sebesar 44,44%. Kemudian pada siklus II nilai anak meningkat lagi, dimana ada 9 anak yang mendapat bintang (****) berkembang sangat baik dan 8 anak mendapat bintang (***) berkembang sesuai harapan. Jadi perolehan nilai secara klasikal pada siklus II sebesar 94,44% dan yang mendapatkan bintang (**) atau mulai berkembang sebanyak 1 orang dan bintang (*) belum berkembang tidak ada, sehingga perolehan nilai secara klasikal sebesar 5,56%.
Berdasarkan hasil analisis aktivitas mengajar guru siklus I dan siklus II, pada siklus I mencapai presentase 71,43% dari 14 aspek yang diamati, kemudian pada siklus II presentase keberhasilan meningkat menjadi 92,86% atau 13 aspek yamg tercapai. Sedangkan pada aktivitas belajar anak siklus I dan siklus II, dapat diketahui bahwa aktivitas belajar anak pada siklus I mencapai 64,29% atau 9 aspek yang tercapai, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 92,86% atau sebanyak 13 aspek yang tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik kolase dari bahan rautan pensil dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di kelompok B TK Wulele Sanggula II Kendari.
kata kunci : motorik halus, teknik kolase rautan pensil
|