ABSTRAK
ANITA PURNAMAWATI, (C1B315003). Peran Komunitas Gerakan Kendari Mengajar (GKM) Pada Anak Pemulung Di Kelurahan Mandonga (Studi Di GKM Kota Kendari). Dibimbing oleh Ibu Dra. Hj Suharty Roslan, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Dr. Ambo Upe S.Sos, M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui peran dan metode pembelajaran komunitas Gerakan Kendari Mengajar pada anak pemulung di Kelurahan Mandonga (Studi di GKM Kota Kendari). Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak 9 orang terdiri dari 1 orang Koordinator Umum GKM, 1 orang Koordinator Divisi Humas GKM, 1 orang Koordinator Divisi Pendidikan, 4 orang Volunteer Pengajar GKM, dan 2 orang siswa-siswi GKM. Setelah seluruh informasi dikumpulkan, selanjutnya peneliti melakukan analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan peran komunitas Gerakan Kendari Mengajar pada anak pemulung di Kelurahan Mandonga Kota Kendari menjadi dua hal Pertama, Mengajar, Mendidik, dan Menginspirasi. Kedua, Melakukan sosialisasi program kegiatan GKM. Adapun metode pembelajaran yang digunakan oleh komunitas Gerakan Kendari Mengajar yaitu dengan metode pembelajaran aktif, kreatif, dan isnpiratif.
Kata Kunci : Peran, Gerakan Kendari Mengajar, Metode Pembelajaran
|