ABSTRAK
Wa Halumi. Hubungan Kondisi Sosial Ekonomi Orang tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X1 di SMA Negeri 2 Parigi Kabupaten Muna.’’ Dibimbing Oleh Muh. Ilham dan Edy Karno.
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat hubungan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X1 di SMA Negeri 2 Parigi? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi di SMA Negeri 2 Parigi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian analisis regresi. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X1 SMA Negeri 2 Parigi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Parigi yaitu siswa kelas X1 IPS dengan jumlah 102 siswa. Sedangkan untuk sampelnya sebanyak 50 siswa.
Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket untuk memperoleh data kondisi sosial ekonomi orang tua dan dokumentasi untuk memperoleh data prestasi belajar siswa tahun ajaran 2017/2018 pada semester ganjil kelas X1 SMA Negeri 2 Parigi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriptif untuk menggambarkan karakteristik distribusi dari masing-masing kelompok responden dan statistik inferensial sampel ini dengan cara proposional. Dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Parigi seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry1) 0,850 dan koefisien determinasi 0,722.
Dari temuan peneliti ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar di SMA Negeri 2 Parigi.
|