ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu pandangan bahwa menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting untuk dikuasai dan dipahami oleh siswa-siswi. Salah satu pembelajaran menulis yang terdapat dalam silabus kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari pada kurikukum 2013 adalah teks eksplanasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari dalam menulis teks eksplanasi?” Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskrpsiskan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari dalam menulis teks eksplanasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 227 orang siswa namun yang menjadi smpel penelitian adalah 105 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan adalah tes esai. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari terdapat dalam kategori mampu secara klasikal dengan kategori presentase kemampuan 91,02%. Adapun persentase peraspek sebagai berikut, struktur teks eksplanasi (identifikasi fenomena) 100%, struktur teks eksplanasi (proses kejadian) 100%, sstruktur teks eksplanasi (ulasan) 100%, kebahasaan teks eksplanasi (konjungsi kausalitas/konjungsi kronologis) 100% kebahasaan teks eksplanasi (kata ganti) 30,76%, kebahasaan teks eksplanasi (kata teknis/peristilahan) 37,43%, ejaan tanda baca (huruf kapital) 92,30%, ejaan dan tanda baca(tanda koma) 96,15% ejaan dan tanda baca (tanda titik) 92,30%.
Kata kunci: Kemampuan, Teks Eksplanasi, Karangan.
|