Pilih Bahasa  
Book's Detail
Perbandingan Hasil Belajar IPS Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMPN 10 Kendari)

ABSTRAK
Muh. Juwantho Lewa, G2G1 16 122. Perbandingan Hasil Belajar IPS Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dengan model pembelajaran Problem Based Learning (Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMPN 10 Kendari). Dibimbing oleh. Barlian dan Ramly.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan model CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning),
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 10 Kendari tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah keseluruhan sebanyak 233 siswa. Sampel kelompok eksperimen adalah kelas VIII.A berjumlah 30 siswa dan kelas VIII.F berjumlah 30 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes. Data diolah secara statistik dengan menggunakan uji-t perbandingan rata-rata dengan taraf signifikansi 0,05.
Dari hasil pengujian dengan uji-t, nilai signifikasi dari model pembelajaran CTL dan model pembelajaran PBL adalah 0.036 < 0.05, artinya terdapat perbedaan signifikan antara model pembelajaran CTL dan PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CTL memperoleh nilai tertinggi 96.7 dan rata-rata 76.1, sedangkan model PBL memperoleh nilai tertinggi 96.7 dan rata-rata 69.6.

Kata Kunci: Hasil belajar IPS, Contextual Teaching and Learning dan Problem Based Learning.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Muh. Juwantho Lewa - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek pend.ekonomi
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit PASCA/Pend.IPS Kons.Pend Ekonomi
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xii,103 hal,28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...