ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan demokratisasi pendidikan dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang studi analisis novel. Penelitian ini tergolong penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa data tertulis yaitu kata, ka;imat, paragraf dan dialog dalam teks yang berisi tentang demokratisasi pendidikan dan menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik baca-catat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan terhadap novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata dapat disimpulkan bahwa unsur-unsur demokratisasi pendidikan yang terdapat dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata terdiri dari demokratisasi guru dan pendidik, demokratisasi sistem pen didikan dan demokratisasi kemiskinan (sosial ekonomi). Faktor-faktor yang mendukung demokratisasi pendidikan dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yaitu faktor internal terdiri dari adat dan kebiasaan, kehendak atau kemauan, suara batin,suara hati dan keturunan. Faktor eksternal yaitu pendidikan dan lingkungan. Relevansi demokratisasi pendidikan dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata dengan pembelajaran bahasa indonesia disekolah menengah pertama bahwa aspek cerita yang menarik, membuat pembaca lebih termotivasi, dan cocok dijadikan bacaan untuk siswa SMP.
Kata Kunci: Demokratisasi, Pendidikan, Laskar Pelangi
|