Pilih Bahasa  
Book's Detail
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Materi Motif Hias Nusantara Di Kelas V SDN 6 Andoolo Kabupaten Konawe Selatan

ABSTRAK

Erfina Malaka, G2P1 16 038. ”Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada Materi Motif Hias Nusantara Di kelas V SDN 6 Andoolo Kabupaten Konawe Selatan”. Program Studi Pendidikan Seni Program Pasca Sarjana Universitas Halu Oleo. Dibimbing oleh: (1) La Ode Sidu Marafad, (2) La Ino.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan efektivitas mengajar guru pada materi motif hias nusantara dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) Di kelas V SD Negeri 6 Andoolo Kabupaten Konawe Selatan, (2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi motif hias nusantara dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) Di kelas V SD Negeri 6 Andoolo Kabupaten Konawe Selatan, (3) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi motif hias nusantara dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) Di kelas V SD Negeri 6 Andoolo Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 6 Andoolo Kabupaten Konawe Selatan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui hasil observasi efektivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh dari tes hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Efektivitas mengajar guru pada siklus I mencapai persentase sebesar 71%, siklus II mencapai persentase sebesar 86% siklus III meningkat menjadi 93%. (2) Aktivitas belajar siswa, pada siklus I mencapai persentase 50%, siklus II mencapai persentase sebesar 79% pada siklus III meningkat menjadi 93%. (3) Hasil belajar siswa Pada Pra siklus siswa yang mencapai ketuntasan hanya 7 siswa atau sebesar 32% dengan nilai rata-rata 56,00 dan pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan meningkat menjadi 12 orang siswa atau sebesar 55% dengan nilai rata-rata secara klasikal sebesar 58,00, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 17 orang siswa yang tuntas atau sebesar 77%. Selanjutnya pada siklus II terjadi perkembangan hasil belajar siswa yang lebih signifikan. Siswa yang mencapai ketuntasan 20 orang siswa atau sebesar 91% dengan nilai rata-rata sebesar 75,00.
Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dikelas V SD Negeri 6 Andoolo Kabupaten Konawe Selatan pada materi motif hias nusantara dapat meningkatkan efektivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Motif Hias, Think Pair Share (TPS)

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Erfina Malaka - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek pend.seni
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit PASCA/Pend.Seni
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiv,115 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...