Pilih Bahasa  
Book's Detail
Aplikasi Metode Transport Road And Research Laboratory (Trrl) Dalam Menganalisis Besaran Tingkat Kebisingan Lalulintas Pada Jl. Dr. Sam Ratulangi Kota Kendari (studi kasus : Pertigaan Rs. Lama – Bundaran Mandonga)

ABSTRAK
Rahmatang,P3A115091,2018.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebisingan lalulintas yang terjadi pada Jl. Dr. Sam Ratulangi (Pertigaan Rs. Lama – Bundara Mandonga), membandingkan hasil analisa tingkat kebisingan pada hari Senin, Rabu, Jum’at dan Sabtu, dan prediksi tingkat kebisingan yang terjadi pada tahun 2023.
Perhitungan analisa tingkat kebisingan ini dilakukan dengan menggunakan data hasil survey volume lalulintas, data hasil survey kecepatan dilokasi penelitian dan data survey gradient jalan serta sudut pantul bangunan dengan analisa perhitungan menggunakan metode Transport Road and Reseach Laboratory (TRRL).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kebisingan maksimum lalu lintas yang ada pada kawasan tersebut berada pada Segmen 2 yang pada hari Senin berkisar pada nilai 73,98 dB(A), pada hari Rabu sebesar 73,77 dB(A), pada hari Jum’at sebesar 73,76 dB(A),dan pada hari Sabtu sebesar 73,69 dB(A). Ini karena tingginya volume lalu lintas, grsdien jalan yang lebih tinggi dan tidak adanya bangunan peredam kebisingan. dan Pada tahun 2023 mengalami peningkatan yang pada hari Senin berkisar pada nilai 75,46 dB(A), pada hari Rabu sebesar 75,25 dB(A), pada hari Jum’at sebesar 75,23 dB(A) dan pada hari Sabtu sebesar 75.16 dB(A).
Kata Kunci : Volume, Kecepatan, Bising.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Rahmatang - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Teknik Sipil
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit VOKASI/Teknik Sipil
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xxi,110 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...