ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis implementasi program Adiwiyata di Kota Kendari; 2) Untuk mengkaji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi program Adiwiyata di Kota Kendari.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh berasal dari wawancara, observasi dan studi dokumen. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 10 orang informan dari masing-masing sekolah, SDN 11 Mandonga, SMPN 1 Kendari dan SMAN 6 Kendari. Data di analisis secara kualitatif meliputi kegiatan: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Implementasi Program Adiwiyata di SDN 11 Mandonga, SMPN 1 Kendari dan SMAN 6 Kendari pada tahun ajaran 2016/2017 dilakukan dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari masing-masing komponen Adiwiyata yaitu; kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Secara umum implementasi Program Adiwiyata di SDN 11 Mandonga, SMPN 1 Kendari dan SMAN 6 Kendari sudah dilaksanakan dengan baik sesuai standar dan perencanaan yang telah disusun. Namun, pelaksanaan program masih perlu ditingkatkan lagi untuk membentuk perilaku warga sekolah yang bekarakter peduli lingkungan; 2) Faktor pendukung implementasi Program Adiwiyata di SDN 11 Mandonga, SMPN 1 Kendari dan SMAN 6 Kendari antara lain: kondisi lingkungan sekitar, partisipasi dan dukungan warga sekolah, kemampuan guru, kebijakan pemerintah, sumber dana, dan jenis kegiatan. Faktor penghambat implementasi Program Adiwiyata di SDN 11 Mandonga, SMPN 1 Kendari dan SMAN 6 Kendari antara lain: kurangnya kepedulian dan partisipasi warga sekolah, beban tugas guru terlalu berat, kurangnya kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau media, dan kondisi lingkungan sekitar yang kurang mendukung.
Kata Kunci: Implementasi, Program Adiwiyata dan Ramah Lingkungan
|