Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Pengetahuan Dasar Matematika Siswa SMP Negeri 8 Kendari

ABSTRAK
AINUN ZARIAH (A1C1 14 002). “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Pengetahuan Dasar Matematika Siswa Di SMP Negeri 8 Kendari”. Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan gaya belajar pada siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Kendari (2) Untuk mendeskripsikan pengetahuan dasar matematika pada siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Kendari (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh positif gaya belajar terhadap pengetahuan dasar matematika siswa pada kelas VII SMP Negeri 8 Kendari. Hipotesis penelitian ini adalah gaya belajar mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengetahuan dasar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas di SMP Negeri 8 Kendari yang berjumlah 557 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 57 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan dua cara yaitu angket dan tes pengetahuan dasar. Angket digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan gaya belajar pada siswa. Tes pengetahuan dasar digunakan untuk memperoleh data pengetahuan dasar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Gaya belajar siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kendari mempunyai skor rata-rata 31,25 dengan 24 sebagai skor terendah dan 39 sebagai skor tertingi. (2) Pengetahuan dasar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kendari termasuk dalam kategori kurang. (3) Gaya belajar mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap pengetahuan dasar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil persamaan fungsi taksiran regresi Ŷ = 12,621 + 1,673X. Artinya setiap kenaikan satu satuan variabel gaya belajar akan meningkatkan nilai pengetahuan dasar matematika sebesar 1,673 satuan dalam populasi.


Kata Kunci: Gaya Belajar, Pengetahuan Dasar Matematika.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Ainun Zariah - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik x,73 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...