ABSTRAK
Jumi Gerhani (A1C1 13 027) Penelitian eksploratif ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan matematika dan persentasenya yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari pada materi lingkaran serta faktor-faktor penyebab kesalahan tersebut terjadi ditinjau dari tingkat kemampuan matematika siswa dengan sampel sebanyak 3 orang yang diambil pada kelas VIII1 dan VIII2 dengan jumlah populasi sebanyak 46 orang. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan 3 metode yaitu observasi, tes dan wawancara.
Secara kualitatif hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan yang banyak dilakukan siswa matematika rendah adalah kesalahan prinsip, sedangkan kesalahan yang banyak dilakukan siswa matematika sedang dan tinggi adalah kesalahan fakta. Faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan siswa yakni terlalu terburu-buru mengerjakan soal, tidak memahami satuan yang dimaksud dalam soal, ketidakpahaman siswa dalam konsep lingkaran dan prasyaratnya, dan ketidaktelitian siswa dalam mengerjakan soal.
Secara kuantitatif hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Kesalahan fakta meliputi kesalahan dalam menuliskan notasi atau satuan dan kesalahan memasukan data yang tidak sesuai dengan soal dengan persentase siswa kemampuan matematika rendah sebesar 41,1%, siswa kemampuan matematika sedang sebesar 49,2%, dan siswa kemampuan matematika tinggi sebesar 42,8%, (2)Kesalahan konsep siswa meliputi Kesalahan dalam konsep sifat sudut keliling, kesalahan dalam konsep hubungan sudut pusat dan sudut keliling, kesalahan dalam konsep panjang busur dan kesalahan dalam konsep luas juring dengan persentase kemampuan matematika rendah sebesar 70,1%, siswa kemampuan matematika sedang sebesar 35%, dan siswa kemampuan matematika tinggi sebesar 21,4%, (3)Kesalahan operasi yakni kesalahan dalam perhitungan yang dilakukan siswa kemampuan matematika rendah sebesar 0%, siswa kemampuan matematika sedang sebesar 8%, dan siswa kemampuan matematika tinggi sebesar 21,4%, (4)Kesalahan prinsip meliputi kesalahan konsep sudut dalam segitiga, konsep luas persegi dan konsep luas segitiga dengan persentase siswa kemampuan matematika rendah sebesar 94,1%, siswa kemampuan matematika sedang sebesar 60,3% dan siswa kemampuan matematika tinggi sebesar 28,5.
Kata kunci : Kesalahan siswa, Tingkat kemampuan, Matematika
|