ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis (1) kompetensi pedagogik guru kelas Sekolah Dasar dalam implementasi Kurikulum 2013; (2) kesiapan guru kelas Sekolah Dasar dalam implementasi Kurikulum 2013; (3) kesiapan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran; (4) perencanaan pembelajaran Kurikulum 2013 yang disusun oleh guru kelas Sekolah Dasar; (5) pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 oleh guru kelas Sekolah Dasar; dan (6) penilaian pembelajaran Kurikulum 2013 oleh guru kelas Sekolah Dasar. Jenis penelitaian ini termaksud penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitian ini yaitu guru kelas I dan IV yang berjumlah 40 orang guru. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes tertulis, lembar angket, lembar observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kompetensi pedagogik berdasarkan hasil tes dengan nilai rata-rata 56,25 berada pada kategori cukup; (2) kompetensi pedagogik guru berdasarkan angket guru dengan nilai rata-rata 73,48 berada pada kategori baik; (3) kesiapan guru berdasarkan angket dengan nilai rata-rata 62,85 berada pada kategori cukup; (4) kesiapan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran berdasarkan pedoman observasi dengan nilai rata-rata 79,3 berada pada kategori baik; (5) perencanaan pembelajaran berdasarkan hasil telaah dengan nilai rata-rata 73,42 berada pada kategori baik; dan (6) pelaksanaan pembelajaran berdasarkan pedoman observasi dengan nilai rata-rata 69,57 barada pada kategori cukup; 7) penilaian pembelajaran berdasarkan angket guru dengan nilai rata-rata 63,75 berada dalam kategori cukup.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kesiapan guru, Kesiapan Sarana dan Prasarana, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Penilaian Pembelajaran
|