ABSTRAK
Andi Firayanti (B1B1 14 078), 2018. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2016) Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Halu Oleo. Dibimbing Oleh H. Dedy Takdir Syaifuddin Dan Salma Saleh.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan terhadap corporate social responsibility. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, profitabilitas (ROA), leverage (DER), ukuran dewan komisaris, dan penjualan perusahaan (Sales Growth). Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2016. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2016 yang berjumlah 154 perusahaan. Pemilihan sampel dilakukan berdasarkan metode purposive sampling. Sampel yang didapat sebanyak 42 perusahaan manufaktur yang layak dijadikan sampel dalam penelitian ini. Metode analisisnya menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian penelitian ini menemukan bahwa ukuran perusahaan, leverage, dan ukuran dewan komisaris berpengaruh positif dan signifikan terhadap corporate social responsibility. Sedangkan Profitabilitas dan pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap corporate social responsibility. Penelitian ini diharapkan untuk menjadi manajemen perusahaan memiliki pandangan yang sama tentang pentingnya tanggung jawab sosial, sehingga akan berdampak pada Implementasi Corporate social responsibility bukan sekedar kegiatan sosial belaka.
Kata kunci: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Dewan komisaris, Pertumbuhan penjualan, dan Corporate Social Responsibility
|