ABSTRAK
Nofia Sari Yono. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak melalui Media Permainan Dadu pada Kelompok B TK Mutiara Hati Kendari”.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo Kendari. Pembimbing pertama Masyur M, dan pembimbing kedua Afifah Nur Hidayah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui media permainan dadu pada kelompok B TK Mutiara Hati Kendari?. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui media permainan dadu pada kelompok B TK Mutiara Hati Kendari. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak dengan menggunakan media permainan dadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus,dengan mengikuti tahap-tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di kelompok B1 TK Mutiara Hati Kendari berjumlah 15 orang yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki berusia 5 sampai 6 tahun.
Berdasarkan analisis data sesuai dengan standar nilai untuk indikator proses dikatakan berhasil apabila ≥80% ketercapaian. Pada siklus I sesuai dengan lembar observasi kegiatan mengajar guru sebanyak 11 aspek yang diamati dan 6 aspek yang telah dicapai guru, diperoleh 54,55%. Sedangkan kegiatan belajar anak sesuai lembar observasi sebanyak 12 aspek dan 8 aspek yang telah dicapai anak, diperoleh 66,67%. Pada siklus II, aktivitas mengajar guru meningkat menjadi 90,91%, sedangkan kegiatan belajar anak meningkat menjadi 91,67%.
Berdasarkan analisis data sesuai dengan standar nilai untuk indikator hasil belajar anak baik secara individual maupun klasikal dikatakan berhasil apabila memperoleh ≥75%, kategori BSB atau BSH. Berdasarkan observasi awal kemampuan berhitung anak didik sebesar 53,33%. Setelah pelaksanaan tindakan, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar anak didik dari siklus I sebesar 66,66% ke siklus II sebesar 93,33%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitung anak dapat ditingkatkan melalui media permainan dadu pada kelompok B TK Mutiara Hati Kota Kendari tahun akademik 2016/2017.
Kata Kunci: Kemampuan Berhitung Anak, Permainan Dadu.
|