Pilih Bahasa  
Book's Detail
Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII 2 Smp Negeri 1 Raha Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR)

ABSTRAK
VIKA SARI (A1C1 12 058), “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Raha Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR)”. Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Raha pada materi sistem persamaan linear dua variabel melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II siklus, setiap siklusnya terdiri dari: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi, (d) evaluasi, dan (e) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-2 dengan jumlah 32 orang yang terdiri dari 13 laki-laki dan 19 perempuan. Sumber data penelitian adalah siswa dan guru matematika. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu: (1) dari segi hasil belajar minimal 85% siswa telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dengan memperoleh nilai minimal ≥ 76, dan (2) dari segi proses pembelajaran indikator keberhasilan pelaksanaan pembelajaran matematika realistik yaitu ≥ 80% proses pelaksanaan tindakan telah dilaksanakan sesuai dengan rencana perbaikan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dari segi keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I terlaksana hanya 62,50%, dan meningkat pada akhir siklus II menjadi 87,5%. Dari segi aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran pada siklus I tercapai 56,25%,dan meningkat pada akhir siklus II menjadi 82,81%. Sedangkan dari segi hasil belajar, pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar secara individu sebanyak 17 orang dari 32 siswa dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal hanya 53,125%, dan meningkat pada akhir siklus II dari 17 orang menjadi 28 orang dengan ketuntasan belajar secara klasikal yakni 87,5%. Hasil ini menunjukkan bahwa, dari segi keterlaksanaan pembelajaran telah dikatakan berhasil dan dari segi ketercapaian hasil belajar siswa dikatakan berhasil.
Kata Kunci: Pembelajaran matematika realistik, aktivitas belajar matematika, hasil belajar matematika.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Vika Sari - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,69 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...