Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi guru, kepercayaan diri, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA peserta didik SMP se-Kabupaten Konawe. Jenis penelitian ini adalah Explanatory Research (penelitian eksplanatori) dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri di Kabupaten Konawe yang berjumlah 8291 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik stratified random sampling berdasarkan kemampuan/ kompetensi guru IPA yaitu kompetensi rendah, sedang dan tinggi dengan jumlah sampel 180 responden. Data penelitian diperoleh melalui: (1) dokumentasi yaitu data UKG guru IPA tahun 2015 dan prestasi belajar IPA (2) angket yaitu instrumen motivasi belajar dan kepercayaan diri. Hasil analisis data menunjukkan: 1) kompetensi profesional guru dan kepercayaan diri peserta didik berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar peserta didik; 2) kompetensi pedagogik guru tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik; 3) motivasi belajar memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik; 4) kompetensi profesional guru, kompetensi pedagogik guru, dan kepercayaan diri secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik; 5) kompetensi profesional guru, kepercayaan diri dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar IPA peserta didik.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Kepercayaan Diri, Prestasi Belajar IPA, Korelasional
|