Pilih Bahasa  
Book's Detail
Analisis Loyalitas Pasien Dalam Menggunakan Pelayanan Rawat Jalan Di Poliklinik Umum Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari Tahun 2018

ABSTRAK

Era globalisasi telah menciptakan tantangan bagi semua jenis usaha untuk berkompetisi, termasuk usaha di bidang kesehatan. Pihak penyedia jasa pelayanan kesehatan harus bisa memberikan informasi dan kebutuhan pasien supaya keinginan pasien dapat terpenuhi dan meningkatkan kepuasan pasien tersebut agar mampu meningkatkan loyalitas yaitu pembelian berulang secara teratur, mereferensikan kepada orang lain dan menunjukkan kekebalan terhadap daya tarik pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Akses, Hambatan Pindah, kualitas layanan dengan loyalitas pasien. Metode penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada akhir bulan September - Oktober 2018 dengan lokasi penelitian di Poliklinik Umum Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari dengan jumlah responden 154 orang dengan menggunakan persamaan slovin dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis chi square menunjukkan terdapat hubungan antara akses ke Rumah SakitUmum Daerah Kota Kendari dengan loyalitas pasien (nilai P value = 0,040), terdapat hubungan antara hambatan pindah dengan loyalitas pasien (nilai P value = 0,039), terdapat hubungan antara dimensi kualitas layanan berupa reliability, responsiveness, assurance dengan loyalitas pasien dengan masing-masing (nilai P value = 0,00), (nilai P value = 0,014), (nilai P value = 0,005), dan tidak terdapat hubungan antara dimensi kualitas pelayanan berupa tangible dan emphaty dengan loyalitas pasien (nilai P value = 0,248) dan (nilai P value = 0,093). Diharapkan pihak rumah sakit menjaga loyalitas pasien yang sudah ada, perlu dilakukan peningkatan kualitas layanan secara berkelanjutan.

Kata kunci :Loyalitas Pasien, Kualitas Layanan, Akses, Hambatan Pindah

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Elpita Reski - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Kesehatan masyarakat
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit F-KESMAS/Kesehatan Masyarakat
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xvii,113 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...