Pilih Bahasa  
Book's Detail
Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 125 Tedubara Kecamatan Kabaena Utara

ABSTRAK

Juslan (G201 16 048) “Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 125 Tedubara Kecamatan Kabaena Utara” di bimbing oleh: La Ode Sidu Marafad dan La Ino
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 125 Tedubara pada materi menulis karangan?
Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 125 Tedubara yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi menulis karangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan Kelas. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 125 Tedubara yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 8 orang pria, dan 12 orang wanita. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia melalui pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dapat meningkat. Proses belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri 125 Tedubara Kecamatan Kabaena Utara menunjukkan yang belajar tuntas pada siklus I memperoleh nilai ≥ 75 sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan, sebanyak 12 orang siswa atau 60% dari 20 siswa. Sedangkan yang dikategorikan tidak tuntas adalah sebanyak 8 siswa atau 40% dari 20 siswa. Pada tindakan siklus I tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa belum meningkat, maka setelah dilakukan refleksi tindakan dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II peningkatan hasil belajar bahasa Indoensia siswa dengan menggunakan metode Kooperatif Tipe NHT di kelas IV SD Negeri 125 Tedubara Kecamatan Kabaena Utara telah mencapai peningkatan signifikan. Hal ini tampak dari perolehan nilai peningkatan kemampuan belajar bahasa Indonsia yaitu nilai 75 ke atas sebanyak 19 orang secara individu, sehingga yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 95% dari 20 orang siswa. melampaui indikator kinerja yang telah ditetapkan.

Kata kunci : Hasil belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, dan Tipe Numbered Head Together (NHT)

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Juslan - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Bahasa dan Sastra In
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit PASCA/Pend.Bahasa dan Sastra Indonesia
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,81 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...