ABSTRAK
Aris Jamil (G201 16 053) “Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas XI MIA SMA Negeri 02 Bombana Kecamatan Kabaena Barat” dibimbing oleh: Sahlan dan La Ino.
Pendekatan saintifik merupakan salah satu pendekatan yang digunakan dalam kurikulum 2013. Namun, dalam konteks penerapannya, guru masih mengalami hambatan terkait dengan penerapan pendekatan dalam pembelajaran. Oleh karena itulah, maka yang mejadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI MIA SMA 02 Bombana Kecamatan Kabaena Barat beserta faktor yang mempengaruhinya. Tujuannya untuk mendeskripsikan dan menganalisis serta mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI MIA SMA Negeri 02 Bombana. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kelas dengan metode penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 02 Bombana. Adapun yang menjadi sumber data yakni guru bahasa Indonesia dan siswa kelas XI MIA pada tahun pelajaran 2017/2018 dengan teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi dan wawancara bebas. Berdasarkan hasil penelitian bahwa guru bahasa Indonesia SMA Negeri 02 Bombana telah menerapkan pendekatan saintifik. Namun, dalam proses penerapannya masih mengalami hambatan. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni faktor guru bahasa Indonesia, siswa, dan sekolah.
Kata Kunci : Pendekatan Saintifik dan Pembelajaran bahasa Indonesia
|