ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) membantu siswa memahami nilai-nilai karakter yang terdapat dalam cerita rakyat masyarakat Kabaena Kabupaten Bombana.(2)Sebagai bahan informasi bagi masyarakat Kabaena Kabupaten Bombana mengenai nilai-nilai karakter dalam cerita rakyat masyarakat Kabaena.(3) Sebagai rujukan bagi guru untuk pengembangan pembelajaran karakter pada implementasi Kurikulum 2013 khususnya KI 1 dan KI 2.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa data lisan. Data lisan yang dimaksud adalah tuturan-tuturan cerita rakyat yang dituturkan oleh informan atau pewaris cerita rakyat masyarakat Kabaena. Data cerita meliputi Cerita Watu buri dan cerita Ndoke hela Kolopua.Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan penedekatan sosiologi sastra dan hermeneutic
Hasil penelitian ini menunjukan nilai karakter yang terkandung dalam cerita rakyat masyarakat kabaena meliputi (1) Nilai Karakter Spritual Nilai (2) Karakter pada Aspek Sosial : (a) Nilai karakter musyawarah (b)Nilai karakter kepatuhan terhadap atasan (c)Nilai karakter kedisiplinan (d)Nilai karakter gotong royong(3)Nilai karakter moralitas(a)Nilai kejujuran(b)Nilai kesopanan(c)Nilai karaktertenggang rasa dan empati(5)Nilai karakter sabar dan tabah. Upaya yang harus dilakukan oleh guru terhadap pengenalan dan pemahaman siswa tentang nilai-nilai karakter pada cerita rakyat adalah(1)Penggunaan contoh atau media pembelajaran yang berbasis pada kearifan lokal masyarakat Kabaena terutama yang berkaitan dengan nilai-nilai karakter yng tercermin dalam cerita rakyat.. (2)Perlu ada buku-buku cerita rakyat Kabaena yang dipersiapkan untuk menjadi bahan bacaan siswa di perpustakaan sekolah(3)Pemerintah Kabupaten Bombana harus mengembangkan Kurikulum Lokal yang berisi tentang budaya, tradisi, dan bentuk kearifan local lainnya.
|