ABSTRAK
Upik Retnawati, 2018. “ Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas IV-A SDN 03 Mandonga”. Jurusan/Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Halu Oleo, Pembimbing: (1) Drs. La Rabani, S.Pd., M.Pd., (2) Drs. Ahid Hidayat, M. Hum.
Yang melatar belakangi penelitian ini adalah kurangnya partisipasi serta perhatian siswa saat guru melakukan proses pembelajaran serta kurangnya motivasi siswa dalam membaca. Salah satu penyebab terjadinya hal tersebut adalah pembelajaran yang konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi membaca intensif di kelas IV-A SDN 03 Mandonga?”
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi membaca intensif siswa kelas IV-A SDN 03 Mandonga melalui penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SDN 03 Mandonga yang berjumlah 19 orang. Desain penelitian ini meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi/pengamatan, dan Refleksi. Tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah tehnik analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity pada materi membaca intensif siswa di kelas IV-A SDN 03 Mandonga. Hal ini terlihat pada siklus I dengan rata-rata nilai perolehan siswa sebesar 68 dari jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau mencapai 68% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata perolehan siswa sebesar 77,36 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa atau mencapai 84,21%. Selanjutnya, aktivitas mengajar guru pada siklus I mencapai 71% dan pertemuan kedua sebesar 77%, sedangkan pada siklus II pada pertemuan pertama memiliki persentase sebesar 94,11% dan pertemuan kedua sebesar 100%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama memiliki persentase sebesar 60% dan pertemuan kedua sebesar 71,42%, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 94,11% dan pertemuan kedua sebesar 100%.
Simpulan penelitian ini adalah melalui penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi membaca intensif di kelas IV SDN 03 Mndonga.
Kata kunci : Hasil Belajar, Strategi Directed Reading Thinking Activity, Keterampilan Membaca.
|