ABSTRAK
NERLIN (A1D1 14 035) Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mendata pokok-pokok isi anekdot siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Barangka. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan mendata pokok-pokok isi anekdot siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Barangka? Metode yang diguanakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Barangka tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 47 0rang siswa dengan menggunakan total sampling. Kemampuan siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Barangka dalam mendata pokok-pokok isi anekdot 37 orang siswa (78,72%) berada pada kategori mampu dan 10 orang siswa (21,28%) berada pada kategori tidak mampu dari jumlah sampel 47 orang siswa. Hal ini dikatakan rata-rata kemampuan mendata pokok-pokok isi anekdot siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Barangka tergolong dalam kategori tidak mampu secara klasikal karena siswa yang secara individual mencapai kemampuan minimal 75% hanya sebesar 78,72% tidak mencapai kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85%. Dari keempat aspek yang diukur, aspek Judul memiliki nilai tertinggi sebesar 100%, diikuti aspek makna tersirat yang disampaikan dalam teks anekdot memiliki nilai sebesar 93,62% dan aspek kalimat yang mengandung isi humor dalam teks anekdot memiliki nilai sebesar 72,34% serta aspek Masalah yang dibahas dalam teks anekdot memiliki nilai terendah sebesar 63,83%.
Kata Kunci : kemampuan, mendata, pokok-pokok, isi, anekdot.
|