ABSTRAK
Nurul Evianti (A1C1 14 044) Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX MTs Negeri 2 Kendari dalam Menyelesaikan Soal-Soal Lingkaran.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengkaji jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas IX MTs Negeri 2 Kendari pada materi lingkaran, (2) untuk mengkaji faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas IX MTs Negeri 2 Kendari melakukan kesalahan pada materi lingkaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 2 Kendari tahun ajaran 2018/2019 semester ganjil. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX2 yang berjumlah 31 orang. Hasil analisis data tes digunakan sebagai dasar pemilihan subjek wawancara dan dipilih 5 orang siswa. Jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal lingkaran dilihat dari objek matematikanya sebagai berikut. (a) kesalahan konsep yaitu (1) siswa salah memahami konsep hubungan sudut pusat dan panjang busur, dan (2) siswa salah memahami konsep menentukan panjang lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga. (b) kesalahan prinsip yaitu (1) konsep mencari luas persegi panjang, (2) konsep teorema Pythagoras, dan (3) konsep setengah keliling segitiga, konsep luas segitiga yang diketahui panjang alas dan tingginya, dan konsep luas segitiga yang diketahui panjang ketiga sisinya, dan (3) kesalahan algoritma jawaban siswa dalam menyelesaikan soal tidak sesuai dengan prosedur. Faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan algoritma adalah sebagai berikut. Untuk kesalahan konsep adalah (1) siswa tidak memahami konsep hubungan sudut pusat dan panjang busur, (2) siswa tidak memahami konsep panjang lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga, dan (3) siswa kesulitan dalam mengidentifikasi konsep yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal. Untuk kesalahan prinsip adalah (1) siswa tidak memahami konsep luas persegi panjang, (2), siswa tidak memahami konsep teorema Pythagoras, dan (3) siswa tidak memahami konsep setengah keliling segitiga, konsep luas segitiga yang diketahui panjang alas dan tingginya, dan konsep luas segitiga yang diketahui panjang ketiga sisinya.Untuk kesalahan algoritma adalah (1) siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal, (2) siswa tidak memeriksa kembali jawabannya, (3) siswa terburu-buru dalam mengerjakan soal sehingga kurang memperhatikan informasi dalam soal, dan (4) siswa salah memasukan data hasil perhitungan.
Kata Kunci: kesalahan konsep, prinsip, dan algoritmasss
|