ABSTRAK
Dalam melakukan pendekatan rancangan banyak cara yang dapat digunakan, salah satunya adalah menggunakan pendekatan metafora. Objek yang akan dirancang dengan menggunakan pendekatan ini adalah Perencanaan Pusat Hiburan dan Olahraga Rekreasi di Kabupaten Muna. Pusat hiburan dan olahraga rekreasi merupakan sarana yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Muna karena belum mempunyai sarana yang memadai untuk memenuhi salah satu kebutuhan sekunder masyarakatnya.
Tema yang digunakan dalam perancangan ini beranalogi, ikan lumba – lumba bermain bola. Ikan lumba – lumba, gelombang air dan bola merupakan unsur rekreasi. Bola merupakan simbol dari olahraga dan gelombang air laut merupakan simbol dari pergerakan serta manifestasi dari subtansi olahraga dan rekreasi. Tiga unsur inilah menjadi tema yang akan diolah menjadi perwadahan aktivitas pusat hiburan dan olahraga rekreasi. Tambahan unsur – unsur penunjang sarana olahraga digunakan untuk memperkuat konteks rancangan.
Acuan perancangan yang digunakan berupa pendekatan fisik makro, mezo dan mikro. Sistem Struktur yang digunakan pada Pusat Hiburan dan Olahraga Rekreasi menggunakan struktur kombinasi tiga sistem struktur yaitu rigid frame dan core serta struktur membran. Keseluruhan bentuk menggambarkan metafora ikan lumba – lumba sedang bermain bola.
Kata kunci: Metafora, Proses Desain Arsitektur dan Struktural, Pusat Hiburan, Olahraga Rekreasi
|