ABSTRAK
Muhammad Rustan (A1B1 13 037), Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Siswa SMP Negeri 14 Kendari”. Dibimbing oleh Aspin, S.Ag, M.Si dan Alber Tigor Arifyanto, S.Pd.,M.Pd. telah melakukan penelitian pada siswa SMP Negeri 14 Kendari dengan tujuan untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kecerdasan intrapersonal siswa SMP Negeri 14 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pre eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah 8 siswa SMP Negeri 14 Kendari. Metode analisis data menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor kecerdasan intrapersonal siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok sebesar 133 atau 41,67%, setelah diberikan layanan bimbingan kelompok meningkat menjadi 159 atau 50,44%. Sedangkan hasil analisis inferensial nilai sig. = 0,012 pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kecerdasan intrapersonal siswa sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok.
Kata Kunci : bimbingan kelompok, kecerdasan Intrapersonal
|