ABSTRAK
ALIDA (G201 16 052), Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Kelas IV SD Negeri 16 Baliara Selatan Kabaena Barat
Penelitian ini dilatar belakangi Rendahnya keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran disebabkan karena mereka belum dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, sementara menulis merupakan keterampilan yang harus dikerjakan oleh siswa. Oleh karena itu, pembelajaran diharapkan dapat membantu siswa untuk memiliki keterampilan menulis yaitu melalui penggunaan media gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kreatifitas guru dalam pembelajaran keterampilan menulis yang menggunakan media gambar pada kelas IV SD Negeri 16 Baliara Selatan, Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelejaran keterampilan menulis yang menggunakan media gambar pada kelas IV SD Negeri 16 Baliara Selatan, Apakah keterampilan menulis siswa dapat meningkat melalui penggunaan media gambar pada kelas IV SD Negeri 16 Baliara Selatan. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi 3 cara/teknik yaitu observasi atau pengamatan, pemberian tes, catatan lapangan. Teknik Analisis Data penelitian ini meliputi dua bentuk yaitu, data kualitatif dan data kuantitatif.
Hasil penelitian ini meliputi Kemampuan berbahasa Indonesia aspek keterampilan menulis siswa kelas IV SD Negeri 16 Baliara Selatan melalui penggunaan media gambar dapat meningkat. Hal ini tampak pada siklus 1 dinyatakan belum berhasil karena persentase jumlah siswa yang tuntas belajar hanya 10 % atau hanya 2 orang siswa yang tuntas belajar dan 20 orang. Berarti jumlah siswa yang belum tuntas berjumlah 18 orang atau 90% dari siswa 20 orang responden yang belum tuntas. Setelah pada siklus 2 terjadi peningkatan yang signifikan yaitu 90 % dari 20 siswa menjadi tuntas dalam pembelajaran menulis.
Kata kunci : Ketarampilan Menulis Media Gambar
|