ABSTRAK
LA SAADIA (G.201 16 060)Tesis ini berjudul Meningkatkan Kemampuan Membaca Pantun Melalui Metode Kolega (Tutor Sebaya) Pada Siswa Kelas : X Akuntansi SMKN 06 Bombana. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pantun yang masih rendah dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas X Akuntansi SMK Negeri 06 Bombana. Pemecahan rendahnya kemampuan membaca pantun bagi siswa di Kelas X Akuntansi adalah menerapkan metode kolega. Setelah diterapkan metode kolega kemampuan membaca pantun bagi siswa Kelas : X Akuntansi dalam pembelajaran bahasa Indonesia menigkat. Penelitian tindakan Kelas ini ini dilakukan dalam dua siklus terhadap 20 Siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes unjuk kerja dan lembar observasi. Analisis data dilakukan secara deskripsi dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Pada siklus 1 pertemuan 1 porsentase aktivitas guru hanya mencapai 56 % dan pertemuan kedua 68% . 2. Pada siklus II pertemuan pertama mencapai72%, pada pertemuan kedua mencapai 80%. 3. Pada Siklus I porsentase aktivitas siswa mencapai 45% dan pertemuan kedua 59%. 4. Pada siklus II Porsentase aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai 77% dan pertemuan kedua 87%. 5. Nilai KKM Individual : 70.6 %. 6. Nilai KKM Klasikal : 75 % KKM individual mencapai 60 % dan tuntas 100%. Dengan demikian penerapan metode kolega dalam pembelajaran bahasa Indonesia berhasil meningkatkan kemampuan membaca pantun pada siswa Kelas : X Akuntansi SMKN 06 Bombana .
Kata Kunci : pembelajaran metode kolega deksriptif
|