Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Kendari

ABSTRAK
Abdul Rahman (A1C114123). Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achevement Division) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Kendari”.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest only control group design. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskriprikan aktivitas pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kendari; (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kendari yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kendari yang diajar dengan model pembelajaran konvensional; dan (4) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kendari.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kendari yang terdiri dari 11 kelas paralel berjumlah 405 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 71 siswa, yang terbagi atas dua kelompok belajar, yaitu kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 siswa dan kelas VIII6 sebagai kelas kontrol berjumlah 36 siswa. Data diperoleh menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukan bahwa: (1) persentase keberhasilan pengelolaan pembelajaran oleh guru pada empat pertemuan pembelajaran berturut-turut dalah 76%; 81,6%; 92%; dan 94,4%. Persentase keaktifan siswa pada empat pertemuan pembelajaran berturut-turut dalah 63,2%; 71,2%; 80,8%; 86,4%; (2) Rata-rata kemampuan pemahaman matematis siswa yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 78,45; (3) Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 71,06; (4) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Abdul Rahman - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiv,72 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...