Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Pembelajaran Model Eliciting Activities Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Kendari

ABSTRAK
Wa Ode Arfianti (A1C1 14 074). “Pengaruh Pembelajaran Model Eliciting Activities Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Kendari”. Dibimbing oleh Dr. H. Jafar, M.Si. (Pembimbing I) dan La Ode Ahmad Jazuli, S.Pd., M.Pd. (Pembimbing II). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest only control group design. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas VIII MTs Negeri 2 Kendari yang diajarkan dengan Model Eliciting Activities. 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas VIII MTs Negeri 2 Kendari yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensioal. 3) Untuk mengetahui pengaruh Model Eliciting Activities terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kendari yang terdiri dari 5 kelas, Siswa dengan kemampuan tinggi ditempatkan pada kelas VIII1 dan siswa dengan kemampuan beragam disebar secara merata di masing-masing kelas VIII2 sampai VIII5, sehingga rata-rata kemampuan ke keempat kelas ini relatif sama. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 64 siswa, yang terbagi atas dua kelompok belajar, yaitu kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 siswa dan kelas VIII2 sebagai kelas control berjumlah 32 siswa. Data diperoleh menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukan bahwa: (1)Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan Model Eliciting Activities adalah 66,50; (2) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajaran konvensional adalah 59,50; (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan Model Eliciting Activities lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Model Eliciting Activities terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Kata Kunci: Model Eliciting Activities; Pembelajaran Konvensional; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Wa Ode Arfianti - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP UNIVERSITAS HALU OLEO
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,55 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...