ABSTRAK
Merri Anggria (A1C1 14 030). “Pengaruh Pendekatan Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Kendari”. Dibimbing oleh Drs. Suhar, M.Kes (Pembimbing I) dan Dra. Hj. Arvyaty M.Si., M.Pd (Pembimbing II). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest only control group design. Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) aktifitas guru dan siswa dalam menggunakan pendekatan problem posing. 2) Hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kendari yang diajarkan dengan pendekatan problem posing. 3) Hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kendari yang diajarkan dengan pendekatan konvensioal, 4) Hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kendari yang diajar dengan pendekatan pendekatan problem posing dan pendekatan konvensianal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kendari yang terdiri dari 6 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Untuk menentukan kelas ekperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara random, diperolah kelas VII6 dengan siswa sebanyak 26 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VII5 dengan siswa sebanyak 26 orang sebagai kelas eksperimen. Data diperoleh menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukan bahwa: (1) Deskripsi hasil belajar matematika siswa kelas VII5 MTs Negeri 2 Kendari yang diajar dengan menggunakan pendekatan problem posing pada pokok bahasan bentuk aljabar diperoleh nilai rata-rata 62,31; standar deviasi 12,451; varians 155.022; median 63; modus 69; nilai minimum 39; dan nilai maksimum 87.(2) Deskripsi hasil belajar matematika siswa kelas VII6 MTs Negeri 2 Kendari yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan bentuk aljabar diperoleh nilai rata-rata 59.31; standar deviasi 20,511; varians 420.702; median 55,50; modus 61; nilai minimum 30; dan nilai maksimum 90.(3) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan problem posing sama dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Pendekatan Proble Posing; Pendekatan Konvensional; Hasil Belajar Matematika Siswa.
|