ABSTRAK
Sulistya Ambarsari (G2 J1 16 053) : Pengaruh Model Problem Based Learning berbantuan Media Powerpoint dan Media Realia terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Cahaya dan Alat Optik. Dibimbing oleh : Dr. Safilu,M.Si (Pembimbing I) dan Dr. Muh. Yuris, M.Si (Pembimbing II)
Penelitian in bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajarkan menggunakan model PBL berbantuan media powerpoint dan peserta didik yang diajarkan menggunakan model PBL berbantuan media realia, serta untuk mengetahui perbedaan peningkatan KPM dan KBK peserta didik antara kelas PBL berbantuan media powerpoint dengan kelas PBL berbantuan media realia pada materi cahaya dan alat optik kelas VIII tahun akademik 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan bentuk desain peneltian Pretest-Posttest Non Ekuivalen Multple Group Design. Sampel penelitian ini adalah SMPN 5 Konawe Selatan dan SMPN 34 Konawe Selatan, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes menggunakan tes essay dan dianalisis menggunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan program SPSS 21 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa PBL berbantuan media powerpoint dapat meningkatkan KPM dan KBK peserta dididk sebesar 43,89% dan 44,61% dengan nilai N-gain 0,54 dan 0,55 sedangkan PBL berbantuan media realia dapat meningkatkan KPM dan KBK peserta didik sebesar 58,36% dan 35,70% dengan nilai N-Gain 0,72 dan 0,43. Uji hipotesis menunjukan bahwa PBL berbantuan media powerpoint berpengaruh terhadap KBK peserta didik dengan nilai thitung>ttabel yaitu 2,248>1,66 dengan signifikasi 0,017ttabel yaitu 3,402>1,66 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001
|