ABSTRAK
Sri Nurlianti (2017). “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak melalui Permainan Balok Lego di TK Dharma Wanita Lakawoghe Kabupaten Muna Barat”. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo, Pembimbing pertama Ibu Dorce Banne Pabunga dan pembimbing kedua ibu Afifah Nur Hidayah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan balok lego di TK Dharma Wanita Lakawoghe? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan balok lego di TK Dharma Wanita Lakawoghe. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di TK Dharma Wanita Lakawoghe yang berjumlah 19 orang anak yang terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 10 orang anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi atau pengamatan, dan (4) refleksi. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase tercapai sebesar 84,6%, sedangkan siklus II persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 92,3%. Berdasarkan hasil tentang kemampuan kognitif anak melalui permainan balok lego menunjukkan bahwa terdapat peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan pada siklus I diperoleh persentase sebesar 52,6%. Pada siklus II diperoleh persentase sebesar 89,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak di TK Dharma Wanita Lakawoghe dapat ditingkatkan melalui permainan balok lego.
Kata kunci: kemampuan kognitif, permainan balok lego.
|