ABSTRAK
Rahmat, G2G116060. Hubungan Supervisi Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik dengan Kinerja Guru SD Negeri Di Tiworo Raya. Pembimbing I: H. Samiruddin, T, Pembimbing II: Abdul Halim Momo.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan: 1) supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru SDN di Tiworo Raya Kabupaten Muna Barat. 2) kompetensi pedagogik dengan kinerja guru SDN di Tiworo Raya Kabupaten Muna Barat. 3) Superisi kepala sekolah dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama dengan kinerja guru SDN di Tiworo Raya Kabupaten Muna Barat
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SDN di Tiworo Raya yang berstatus PNS sebanyak 177 yang tersebar di 44 SD Negeri, sampel dalam penelitian ini sebanyah 64 responsen. teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yakni sapel acak proporsional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: 1) metode kuesioner untuk mengumpulkan data variabel-variabel independen yaitu variabel supervisi kepala sekolah dan kompetensi pedagogik dan data dependen yaitu kinerja guru. 2) metode dokumenter untuk mengumpulkan data-data pendukung penelitian. Seluruh input data penelitian diolah menjadi output data menggunakan media komputer SPSS versi 24.
Hasil penelitian menunjukan hubungan supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru mempunyai hubungan positif dan signifikan sebesar 9,5%, hubungan kompetensi pedagogik dengan kinerja guru mempunyai hubungan positif dan signifikan sebesar 42,2%, hubungan supervisi kepala sekolah dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama dengan kinerja guru mempunyai hubungan yang positif dan signifikan sebesar 49,7%.
Kesimpulan penelitian ini adalah semakin intesif pelaksanaan supervise kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru maka semakin baik pula kinerja guru.
Kata Kucnci: Supervisi Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, Kinerja Guru
|