Pilih Bahasa  
Book's Detail
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Kelas V SD Negeri 09 Baruga

ABSTRAK

SUMARTINA, 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di kelas V SDN 9 Baruga’Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Halu Oleo. Pembimbing (I) Muhamad Abas, S.Pd. M.Si dan (2) Drs. La Anse, S.Pd.,M.Pd.

Rumuusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah hasil belajar siswa pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dapat meningkat melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) ?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indoinesia dengan menerapkan model kooperatif TGT di kelas V SD Negeri 09 Baruga.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 09 Baruga dengan jumlah siswa 22 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa tes hasil belajar siswa dan data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan siswa. Indikator keberkasilan penelitian ini dilihat dari dua segi, yaitu segi proses dan segi hasil belajar. Adapun dari segi hasil penelitian ini dikatakan berhasil apabila minimal 80% scenario pembelajaran terlaksana dengan baik, sedangkan dari segi hasil belajar siswa dikatakan telah memahami konsep IPS yang diajarkan apabila 80% siswa telah memperoleh nilai mkinimal 70.
Adapun rancangan pelaksanaan penelitian ini disusun atas 2 siklus dengan langkah-langkah siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS kelas V SD negeri 09 Baruga tahun pelajaran 2016/2017 pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata 65,13 meningkat menjadi 74,77 pada siklus II. Serta terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 12 0rang siswa (54,5%) pada siklus I meningkat menjadi 20 orang siswa (90,9%) pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian disarankan: guru IPS di SD Negeri Baruga agar dapat menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS pelaksanaanya dengan cara berkolaborasi dengan para guru IPS lainya.
Kata Kunci : Pembelajaran Teams Games Tournament, hasil belajar IPS.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Sumartina - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Guru Sekolah Dasar
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PGSD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,57 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...