Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMA Negeri Kelas XI MIA

ABSTRAK
Wa Ode Nursyamsi G2J1 16 040, Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMA Negeri Kelas XI MIA, Program Studi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Halu Oleo dibimbing oleh Dr. H. Safilu, M.Si. dan Dr. Nur Arfa Yanti, S.Si., M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep biologi siswa SMA Negeri di Kelas XI MIA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Raha, SMA Negeri 1 Watopute dan SMA Negeri 1 Napabalano yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability random sampling dan total sampling. Jenis penelitian adalah quasi experiment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep yang ditunjukkan oleh nilai N-gain dari rerata nilai pretest dan posttest siswa. Nilai
N-gain keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model PBL yakni pada SMA Negeri 1 Raha 0,73, SMA Negeri 1 Watopute 0,66 dan
SMA Negeri 1 Napabalano 0,68. Sedangkan dengan model pembelajaran langsung yakni pada SMA Negeri 1 Raha 0,57, SMA Negeri 1 Watopute 0,56 dan SMA Negeri 1 Napabalano 0,55. Ada pengaruh model PBL terhadap keterampilan berpikir kritis yang ditunjukkan dengan signifikansi 0,000 pada α 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model PBL memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis. Nilai N-gain pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan dengan model PBL yakni pada SMA Negeri 1 Raha 0,64,
SMA Negeri 1 Watopute 0,51, SMA Negeri 1 Napabalano 0,61 sedangkan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung yakni pada
SMA Negeri 1 Raha 0,47, SMA Negeri 1 Watopute 0,44 dan
SMA Negeri 1 Napabalano 0,48. Ada pengaruh model PBL terhadap pemahaman konsep dengan signifikansi 0,000 pada α 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model PBL memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep siswa pada materi sistem imun.

Kata Kunci : Problem Based Learning,Pembelajaran Langsung, Keterampilan Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Wa Ode Nursyamsi - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek pend.IPA
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit PASCA/Pend.IPA Kons.Biologi
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Upper Saddle River, NJ
Deskripsi Fisik xiv,59 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...