Pilih Bahasa  
Book's Detail
Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Anak Melalui Kegiatan Kolase Bahan Sedotan Di Kelompok B TK Islam As’adiyah Kendari

ABSTRAK
Fauziah. 2018.“Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Anak melalui Kegiatan Kolase Bahan Sedotan di Kelompok B TK Islam As’Adiyah Kendari”. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo Kendari. Pembimbing I Ibu Sitti Rahmaniar Abubakar dan pembimbing II Bapak Muamal Gadafi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kreativitas seni rupa anak melalui kegiatan kolase bahan sedotan di Kelompok B TK Islam As’adiyah Kendari?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas seni rupa anak melalui kegiatan kolase bahan sedotan di Kelompok B TK Islam As’adiyah Kendari. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat meningkatkan kreativitas seni rupa anak melalui kegiatan kolase bahan sedotan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini mengikuti tahap-tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak di kelompok B TK Islam As’Adiyah Kendari berjumlah 15 orang yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki berusia 4 sampai 6 tahun.
Berdasarkan analisis data sesuai dengan standar nilai untuk indikator proses dikatakan berhasil apabila ≥75% ketercapaian. Pada siklus I sesuai dengan lembar observasi kegiatan mengajar guru sebanyak 15 aspek yang diamati. 10 aspek yang telah dicapai guru atau 66,66% dan tidak tercapai sebanyak 5 aspek atau 33,33%. Sedangkan kegiatan belajar anak sesuai hasil observasi anak sebanyak 12 aspek. 9 aspek yang telah dicapai anak atau 75% dan 3 aspek yang tidak tercapai atau 25%. Pada siklus II, aktivitas mengajar guru meningkat menjadi 93,33%, sedangkan kegiatan belajar anak meningkat menjadi 91,67%.
Berdasarkan analisis data sesuai dengan standar nilai untuk indikator hasil belajar anak baik secara individual maupun klasikal dikatakan berhasil apabila memperoleh ≥75%, kategori BSB atau BSH. Berdasarkan observasi awal kreativitas seni rupa anak sebesar 33,3%. Setelah pelaksanaan tindakan, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar didik dari siklus I sebesar 60% ke siklus II sebesar 87%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kreativitas seni rupa anak meningkat melalui kegiatan kolase bahan sedotan di kelompok B TK Islam As’Adiyah Kendari tahun akademik 2018.

Kata Kunci: kreativitas, seni rupa.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang FAUZIAH - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Anak Usia Dini
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PG-PAUD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,71 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...