ABSTRAK
Herlina, A1B314014. “ Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di Kelas IVB SD Negeri 18 Baruga”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo. Dibawah bimbingan Dr. La Ili, S.Pd., M.Pd Selaku Pembimbing I dan Dra. Yoo Eka Yana Kansil, M.Pd Selaku Pembimbing II.
Jenis penelitian ini adalah pelitian deskriptif kualitatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada aspek meningkatkan pikiran, gagasan, proses, atau produk dengan menambahkan rincian; menggabungkan atau menambah pikiran, gagasan, proses, atau produk; adaptasi dengan menggunakan informasi dan berbagai strategi untuk mencari kejelasan; menggambarkan ide atau solusi dalam berbagai cara di Kelas IVB SD Negeri 18 Baruga?
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada aspek meningkatkan pikiran, gagasan, proses, atau produk dengan menambahkan rincian; menggabungkan atau menambah pikiran, gagasan, proses, atau produk; adaptasi dengan menggunakan informasi dan berbagai strategi untuk mencari kejelasan; menggambarkan ide atau solusi dalam berbagai cara di Kelas IVB SD Negeri 18 Baruga. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 18 Baruga pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 3 orang siswa di kelas IVB. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh 3 orang siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif yang berbeda-beda. Pada subyek 1 memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis pada aspek meningkatkan pikiran, gagasan, proses, atau produk dengan menambahkan rincian dengan presentase sebesar 87.50%, aspek menggabungkan atau menambah pikiran, gagasan, proses, atau produk dengan presentase sebesar 81.25%, aspek adaptasi dengan menggunakan informasi dan berbagai strategi untuk mencari kejelasan dengan presentase sebesar 81.25% dan pada aspek menggambarkan ide atau solusi dalam berbagai cara dengan presentase sebesar 62.50%. Pada subyek 2 memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis pada aspek meningkatkan pikiran, gagasan, proses, atau produk dengan menambahkan rincian dengan presentase sebesar 56.25%, aspek menggabungkan atau menambah pikiran, gagasan, proses, atau produk dengan presentase sebesar 56.25%, aspek adaptasi dengan menggunakan informasi dan berbagai strategi untuk mencari kejelasan dengan presentase sebesar 62.50% serta pada aspek menggambarkan idea tau solusi dalam berbagai cara dengan presentase sebesar 56.25%. Pada subyek 3 memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis pada aspek meningkatkan pikiran, gagasan, proses, atau produk dengan menambahkan rincian dengan presentase sebesar 87.50%, aspek menggabungkan atau menambah pikiran, gagasan, proses, atau produk dengan presentase 87.50%, aspek adaptasi dengan menggunakan informasi dan berbagai strategi untuk mencari kejelasan dengan presentase 87.50%; serta aspek menggambarkan idea tau solusi dalam berbagai cara dengan presentase sebesar 75%
|