ABSTRAK
Lukman (G2J1 15 055). Perbandingan Media PhET dan KIT Listrik dalam Model CPS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Memperhatikan Minat Belajar Siswa.
Pembimbig: Dr. La Agusu, S.Si., M.Si dan Dr. Fahyuddin, S.Pd., M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan media Physics Education Technologi (PhET) dan Komponen Instrumen Terpadu (KIT) Listrik dalam model Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kritis di tinjau dari minat belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 4 Kendari yang terdiri dari 11 kelas paralel. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random class. Penentuan kelas eksperimen PhET dan kelas eksperimen KIT dilakukan secara random dan diperoleh kelas IX1 dengan jumlah siswa 38 orang sebagai kelas eksperimen PhET dan kelas IX2 dengan jumlah siswa 38 orang sebagai kelas eksperimen KIT. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan berpikir kritis berbentuk tes pilihan ganda, dan angket minat belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji hipotesis menggunakan Paired t-test, Independen t-test dan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis menggunakan media PhET dan KIT Listrik dalam model CPS . Peningkatan kelas eksperimen media PhET model CPSlebih tinggi dari kelas eksperimen KIT Listrik model CPS(2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis antara siswa pembelajarannya menggunakan media PhETdengan media KIT Listrik dalam model CPS. (3) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi, sedang, dan rendah pada materi Listrik Dinamis. (4) Tidak terdapat interaksi antara jenis media dalam model CPS dan minat belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis.
Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis, Minat belajar, Media PhET dan KIT Listrik ModelCPS.
|