ABSTRAK
Lubertus Abdi Widhyadi (NIM. G2J1 16 071) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua, Minat Belajar Dan Sikap Ilmiah Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIA Se-Kabupaten Konawe Selatan.
Penelitian ini bertujuan mempelajari pengaruh pendidikan orangtua, minat belajar dan sikap ilmiah siswa terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas XI MIA Se-Kabupaten Konawe Selatan. Jenis Penelitian ini adalah korelasi sebab akibat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri Se-Kabupaten Konawe Selatan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA sebanyak 221 siswa. Teknik analisis menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat pendidikan orangtua tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa. (2) Tingkat pendidikan orangtua dan minat belajar secara simultan berpengaruh terhadap sikap ilmiah siswa sebesar 42,2% dan sisanya 57,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. (3) Secara parsial, variabel tingkat pendidikan orangtua tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sikap ilmiah baik secara total maupun berdasarkan kelompok akreditasi sekolah. (4) Secara parsial variabel minat belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap ilmiah siswa, baik secara total maupun per kelompok akreditasi. (5) Secara simultan variabel independent pendidikan orangtua, minat belajar, dan sikap ilmiah memberikan pengaruh signifikan pada variabel dependent prestasi siswa sebesar 43% dan selebihnya 57% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. (6) Variabel tingkat pendidikan orangtua tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar biologi siswa. (7) Variabel minat belajar memberikan pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa, baik secara langsung maupun tidak langsung. (8) Variabel sikap ilmiah tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: Pendidikan Orangtua, Minat Belajar, Sikap Ilmiah, Prestasi Belajar, Konawe Selatan
|