ABSTRAK
Keberhasilan pembangunan kesehatan sangat ditentukan oleh sinergisitas antar upaya program dan sektor, serta didukung upaya-upaya yang telah dilaksanakan pada periode sebelumnya demi peningkatan mutu
dan daya saing sumber daya manusia Indonesia. Fasilitas Pelayanan Kesehatan adalah suatu tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan, baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif yang dilakukan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan/atau masyarakat. Akreditasi adalah pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan setelah dinilai bahwa Puskesmas telah memenuhi standar pelayanan Puskesmas yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan Puskesmas secara berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kesiapan Akreditasi di Puskesmas wilayah Kota Kendari berdasarkan sasaran kinerja upaya kesehatan masyarakat dalam menghadapi pelaksanaan akreditasi. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Lokasi penelitian pada 4 puskesmas Kota Kendari. Informan pada penelitian ini berjumlah 2 orang untuk masing-masing puskesmas yaitu ketua bab VI dan anggota bab VI. Data diperoleh dengan melakukan telaah pustaka dan wawancara mendalam kepada semua informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa puskesmas di Kota Kendari sudah siap dalam menghadapi Akreditasi yang dilihat dari sasaran kinerja upaya kesehatan masyarakat. Penelitian ini memerlukan studi lanjutan untuk melihat puskesmas yang telah terakreditasi.
Kata kunci : Akreditasi, Sasaran Kinerja Upaya Kesehatan Masayarakat,
Puskesmas.
|