Pilih Bahasa  
Book's Detail
Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Penerapan Mind Mapping Di Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 25 Kendari

ABSTRAK
Irma (2018). “Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak melalui Penerapan Mind Mapping di Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 25 Kendari”. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing pertama Ibu Sitti Rahmaniar Abubakar .dan Pembimbing kedua Ibu Afifah Nur Hidayah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”bagaimana cara meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui penerapan mind mapping di Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 25 Kendari ?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui penerapan mind mapping di kelompok B TK Kemala Bhayangkari 25 Kendari.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur Penelitian Tindakan Kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sebagai peneliti dan anak di Kelompok B TK Kemala Bhayangkari yang berjumlah 16 anak.
Berdasarkan hasil penelitian mengenai aktivitas mengajar guru pada siklus I tercapai nilai sebesar 63,6% pada siklus II hasil aktivitas mengajar guru meningkat menjadi 90,9%. Sedangkan aktivitas belajar anak pada siklus I di peroleh persentase tercapai sebesar 54,5%, aktivitas belajar anak pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90,9%. Berdasarkan pada observasi awal diperoleh persentase sebesar 31,25%. Hasil penelitian setelah tindakan menunjukkan peningkatan anak pada siklus I sebesar 62,5% dan menuju siklus II meningkat menjadi sebesar 87,5%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara anak dapat ditingkatkan melalui penerapan mind mapping di kelompok B TK Kemala Bhayangkari 25 Kendari.

Kata kunci: Kemampuan Berbicara, Mind Mapping

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Irma - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Anak Usia Dini
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PG-PAUD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xii,70 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...