ABSTRAK
Akreditasi Puskesmas merupakan pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh menteri Kesehatan setelah dinilai bahwa Puskesmas telah memenuhi standar pelayanan Puskesmas untuk meningkatkan mutu pelayanan Puskesmas secara berkesinambungan. Dalam pelaksanaannya, setiap pelaksana pelayanan kesehatan wajib untuk melakukan akreditasi guna mewujudkan jaminan kualitas pelayanan kesehatan. Puskesmas Mokoau merupakan salah satu puskesmas di Kota Kendari yang sedang mempersiapkan diri untuk melakukan akreditasi. Puskesmas Mokoau harus mulai mempersiapkan akreditasi untuk puskesmas tingkat pertama guna mewujudkan penjaminan mutu pelayanan. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran kesiapan akreditasi Puskesmas Mokoau dalam menghadapi penilaian akreditasi pada pokja Administrasi dan Manajemen. Informan pada penelitian ini yaitu Kepala Puskesmas Mokoau, Ketua Koordinator Pokja Administrasi dan Manajemen sebagai informan kunci serta 3 anggota Pokja Administrasi dan Manajemen serta salah satu anggota dari Pokja UKM sebagai informan biasa. Metode penelitian yang di gunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data diperoleh dengan melakukan telaah dokumen dan wawancara mendalam kepada semua informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan akreditasi di Puskesmas Mokoau untuk Pokja Administrasi dan Manajemen yang ditinjau dari Penyelenggaraan Pelayanan Puskesmas telah siap untuk akreditasi dan Pokja Administrasi dan Manajemen yang ditinjau dari Kepemimpinan Manajemen Puskesmas (KMP) telah siap Serta untuk Pokja Administrasi dan Manajemen Puskesmas yang ditinjau dari Peningkatan Mutu Puskesmas (PMP) telah siap untuk akreditasi berdasarkan standar dan kriteria akreditasi Puskesmas.
Kata kunci : Puskesmas, Akreditasi, administrasi dan Manajemen.
|