ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis manajemen laboratorium IPA dengan sub fokus (1) Perencanaan laboratorium IPA di SMP Negeri Se-Kota Kendari; (2) Pengorganisasian laboratorium IPA di SMP Negeri Se-Kota Kendari; (3) Pelaksanaan program kerja laboratorium IPA di SMP Negeri Se-Kota Kendari; (4) Pengawasan dan evaluasi program kerja di laboratorium IPA di SMP Negeri Se-Kota Kendari. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan lokasi di SMP Negeri Se-Kota Kendari. Sumber data penelitian ini diperoleh dari Kepala Sekolah, Guru IPA dan Kepala Laboratorium, Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) perencanaan program kerja laboratorium IPA di SMP Negeri Se-Kota Kendari terdapat 14 SMP Negeri dikategorikan sangat baik (70%) dan 6 SMP Negeri dikategorikan baik (30%); (2) pengorganisasian laboratorium IPA di SMP Negeri Se-Kota Kendari terdapat 14 SMP Negeri dikategorikan sangat baik (70%) dan 6 SMP Negeri dikategorikan baik (30%); (3) pelaksanaan program kerja laboratorium IPA di SMP Negeri Se-Kota Kendari terdapat 18 SMP Negeri dikategorikan sangat baik (90%) dan 2 SMP Negeri dikategorikan baik (10%); (4) pengawasan dan evaluasi program kerja laboratorium IPA di SMP Negeri Se-Kota Kendari terdapat 12 SMP Negeri dikategorikan sangat baik (60%) dan 8 SMP Negeri dikategorikan baik (40%).
Kata kunci : Manajemen Laboratorium IPA, Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Pengawasan dan Evaluasi
|